Skip to main content

Tanaman Sorgum Sebagai Pakan Ternak dan Pengganti Beras




Sorgum, atau yang dalam masyarakat jawa lebih dikenal dengan sebutan cantel atau gandrung. Tanaman bergenus sorghum ini adalah tanaman dari kerajaan plantae, kelas liliopsida, berordo poales, dan memiliki spesies sebanyak 30 spesies. Merupakan tanaman serealia dari keluarga rumput-rumputan. Tanaman ini banyak dibudidayakan di iklim panas dan kering, dapat juga tumbuh didaerah berpasir. Sorgum dapat tumbuh pada musim hujan maupun musim kemarau. Sorgum awalnya berasal dari Afrika, tepatnya disekitar Sungai Niger, Ethiopia. Namun sekarang sudah sekitar 80% berada di Afrika dan Asia. Dan sorgum ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1925.

Untuk ukurannya sendiri, umumnya biji sorgum berukuran 4 x 2,5 x 3,5 mm. Dan beratnya antara 8 - 50 mg. Kulitnya sendiri ada yang berwarna merah, putih, dan juga coklat.

Kandungan gizi pada tanaman sorgum per 100g sorgum antara lain : Kalori 332 (cal), protein 11.0 (g), lemak 3.3 (g), karbohidrat 73.0 (g), kalsium 28.0 (mg), besi 4.4 (mg), Fosfor 28.7 (mg), vitamin B1 0.38 (mg).

Budidaya, penelitian, dan pengembangan tanaman tanaman sorgum di Indonesia masih sangat terbatas. Hal ini sangat disayangkan sekali karena tanaman ini adalah tanaman yang sangat kaya akan manfaat, bahkan bijinya pun dapat digunakan untuk pengganti makanan pokok seperti jagung dan beras. Dan perawatannya pun mudah karena sorgum tahan disegala cuaca. Serta tahan terhadap hama dan berbagai penyakit tumbuhan lainnya.

Untuk manfaatnya sendiri, sorgum memiliki manfaat ekonomis dan juga manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Seluruh bagian tanaman sorgum mulai dari akar sampai biji memiliki manfaat lho. Sorgum Jadi tidak akan menumpuk sampah-sampah disekitar kalian. Sorgum juga bisa dijadikan bioethanol untuk baham bakar.

Berikut manfaat ekonomis dari tanaman sorgum :

* Daun Sorgum. Daun sorgum berbentuk sejajar dan bisa dijadikan pakan ternak. Nah tuh yang suka cari pakan ternak, ada tambahan referensi pakan, jadi bisa berbagi sama peternak yang lainnya dan nggak perlu berebut. Hehee 
Tangkai daun dari tanaman sorgum juga dimanfaatkan untuk membuat kerajinan berupa kerajinan tangan dan sapu. Untuk kerajinan tangan contohnya adalah hiasan pensil.

* Batang Sorgum. Batangnya menjadi sumber lumbung bioetanol dan bahan pembuat kertas. Rasa batangnya pun manis karena mengandumg gula, bahkan kandungan gula pada batang sorgum lebih tinggi jika dibandingkan dengan batang tebu. Karena rasanya yang manis, batang sorgum yang masih muda dapat dibuat sirup.

* Akar Sorgum. 
Akar sorgum digunakan sebagai jamu yang dapat memperlancar perdaran darah. Caranya sangat mudah sekali, Anda cukup menyeduh akarnya, lalu air rebusannya diminum. 

* Biji Sorgum. Menurut penelitian dari Universitas Gajah Mada (UGM), kandungan gizi pada biji sorgum sangat mumpuni. Kandungan proteinnya jauh lebih baik dari beras dan jagung. Bijinya dapat dibuat tepung dan dapat juga langsung ditanak setelah dikupas, sebagai pengganti makanan pokok seperti beras.

Selain itu, sorgum dikenal kaya serat dan mengandung gluten rendah. 
Setelah beberapa manfaat ekonomis yang tersaji diatas, berikut adalah manfaat sorgum bagi kesehatan :
1. KESEHATAN PENCERNAAN
Sudah dibahas sebelumnya bahwa sorgum kaya akan serat. Dan seperti fungsi serat pada tanaman pangan yang lainnya, yaitu melancarkan metabolisme dalam tubuh, maka sorgum pun demikian. 
Dengan penmetabolisme yang lancar, pencernaan pun menjadi sehat. Dan kita terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit dan sakit perut.

2. PENCEGAH KANKER
Antioksidannya tidak ditemukan di banyak jenis makanan lain. Dibandingkan dengan gandum dan jagung, antioksidan dalam sorgum ini lebih efektif mengurangi pertumbuhan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kerongkongan.

3. MENGONTROL DIABETES
Didalam sorgum terdapat enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh, membantu mengatur insulin dan dapat mengatur kadar glukosa dalam tubuh. 

4. KESEHATAN JANTUNG
Kolesterol berbahaya (LDL) dalam tubuh tidak bisa dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, LDL dapat mengganggu fungsi jantung. Maka dari itu, keberadaannya harus dimusnahkan. Serat dalam sorgum dapat membantu mengikisnya sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dan tubuh puh akan terlindungi dari risiko stroke, serangan jantung, dan sebagainya.


5. MENJAGA KESEHATAN TULANG
Sorgum mengandung mineral berupa magnesium yang akan meningkatkan penyerapan kalsium dan meningkatkan pertumbuhan jaringan tulang serta mempercepat penyembuhan pada tulang yang rusak. 

6. PERKEMBANGAN SEL DARAH MERAH
Tembaga yang terkandung dalam sorgum dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko anemia. 
Perkembangan sel darah merah ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki pertumbuhan sel, dan juga mempercepat pertumbuhan rambut dari kulit kepala.

7. KESTABILAN ENERGI
Niacin (vitamin B3) adalah komponen kunci yang berfungsi mengubah makanan menjadi energi yang dapat digunakan sebagai bahan bakar berupa energi untuk kita beraktivitas. Sorgum mengandung 28% dari asupan yang direkomendasikan niacin per hari, sehingga metabolisme lancar dan energi menjadi stabil.

8. MENINGKATKAN DAYA KOGNITIF
Fosfor merupakan komponen penting bagi otak. Fosfor yang terkandung dalam sorgum akan membantu menjaga respon emosi, neuron dan hormon, sehingga akan mencegah terjadinya penurunan daya kognitif dan gangguan usia seperti penyakit alzheimer (pikun).

9. KESEHATAN TIROID
Mangan adalah komponen dari tiroksin yang merupakan hormon penting dalam kelenjar tiroid, dan sorgum merupakan salah satu tumbuhan yang kaya akan mangan.

Efek Mengkonsumsi Sorgum
Saat ini belum ada peringatan mengenai efek ataupun larangan mengonsumsi sorgum.
Namun perlu diingat, ada manfaat pasti juga ada efeknya. Jika dilihat dari kandungannya, sorgum memiliki gula yang cukup tinggi. Maka dari itu harus berhati-hati dalam mengonsumsinya karena dikhawatirkan dapat menimbulkan diabetes.



Comments

  1. Baru tau namanya tanaman sargum mksh info ini sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. wah ada alternatif baru ya mbak sorgum namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.

      Solusi baru buat masa depan. Hehee

      Delete
  3. Tanaman kembarannya jagung ini ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang begitu. Kembar tapi tak sama. ๐Ÿ˜

      Dari teksturnya juga udah beda banget.

      Delete
    2. O ya, saya komen diblog mas ko loadingnya lama bgt ya? Pdhl yg lainnya enggak

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus