Pelajar di SMA N 1 Bantarbolang Kabupaten Pemalang

17 Feb 2019

Didirikannya PBB dan Hubungan PBB dengan Indonesia

    Jika pada akhir Perang Dunia I kita mengenal LBB ( Liga Bangsa-Bangsa).  Pada Perang Dunia II, dicetuskan kembali suatu organisasi perdamaian dengan nama PBB.
      PBB adalah kependekan dari Perserikatan Bangsa-bangsa.  Organisasi ini merupakan organisasi perdamaian dunia yang didirikan pasca Perang Dunia II. PBB diprakarsai oleh Franklin Delano Roselvet dan Wiston Churcil. Dan didirikan pada 24 Oktober 1945, dengan New York, USA sebagai markas besarnya.
     Indonesia bergabung dengan PBB pada tanggal 28 September 1955. Indonesia menjadi anggota PBB ke  60.
     Pada tanggal 7 Januari 1965, Indonesia keluar dari PBB karena sedang berselisih dengan Malaysia. Sebelumnya Indonesia sempat mengancam untuk keluar jika Malaysia dijadikan sebagai anggota tidak tetap PBB. Ternyata ancaman Indonesia tidak dihiraukan. Akhirnya Indonesia keluar dari PBB.
       Setelah Indonesia keluar dari PBB, Indonesia merasa dikucilkan. Dan Akhirnya memutuskan untuk bergabung kembali pada 28 September 1966. Ada beberapa faktor yang mendorong Indonesia kembali bergabung dengan PBB:
1) Normalisasi hubungan dengan Malaysia
2) ingin melanjutkan kerjasama dengan      PBB.
3) Desakan  dari bidang pertahanan dan keamanan 
4) Indonesia dan PBB mempunyai banyak kesamaan

   5) PBB dapat membantu Indonesia mencapai tujuan

6) Partisipasi pada sidang ke-21 PBB

     

16 Feb 2019

Kata-kata mutiara Bijak Dan Motivasi Sukses: Pemacu Semangatmu

    Halo gaes,, ada lagi berjuang tapi dapet masalah sedikit terus langsung putus asa? Atau baru mau bertindak tapi udah pesimis duluan??😮😮
    Uh uh uhh... Jangan murung terus atuh. Kalian kurang baca kisah inspiratif dari orang-orang sukses ya? Coba deh baca,,, nanti kalian bakal tau apa dan bagaimana yang namanya berjuang sebelum sukses.
    Ingat!!! Kalian nggak sendiri gaes. Dan kalian bukan satu-satunya orang yang mengalami banyak masalah dalam perjalanan itu. Susah, peluh, letih, remuk, hancur, itu sudah biasa dirasakan mereka para pejuang sukses. Memang sudah kodratnya kalo mau sukses itu, harus mau merasakannya pahitnya dulu gaes. Dengan berbagai macam proses itu,, kalian bisa memiliki kesuksesan yang continue karena kalian sudah tau cara menghadapi masalahnya. Dan kalian juga lebih bisa memprediksi ancaman dan peluang dalam usaha kalian.
      Nih,, aku bawain kata-kata rangkaian aku sendiri dari sekian banyaknya yang pernah aku buat. Tapi cuman dipost dimedsods🤣, dan ini yang paling terbaru.👇


*Batu tetaplah batu jika tidak ada gaya yang mempengaruhinya. Hati yang keras tetaplah keras jika tidak dipengaruhi untuk menjadi lembut.

*Percayalah, tidak ada kata sukses tanpa pengorbanan dan perjuangan. Tidak ada kata menang tanpa persaingan. Jika kalian ingin hidup enak, kalian harus rela menikmati dulu pahit dan asamnya hidup.

*Lakukanlah apa yang orang lain tidak lakukan hari ini, esok kalian akan mendapatkan apa yang orang lain tidak dapatkan dihari esok.

*Orang sukses tidak mengenal peluh. Apapun yang terjadi, teruslah berjuang meraih bintangmu.

*Jika perkataan orang membuatmu down, selalu ingat bahwa semakin tinggi pohon, terpaan angin akan semakin kencang.

*Semakin cepat dan lincah kau berlari, semakin cepat pula kau menemukan batu kerikil dan ranting dalam perjalananmu. Semakin keras kau berusaha menuju sukses, semakin dekatlah dirimu dengan kesuksesan, dan rintangan pun akan semakin dekat dan beragam.

*Jadilah seperti tempurung kura-kura. Yang senantiasa menjaga dan melindungi kapanpun dan dimanapun.

6 Feb 2019

Pengertian El Nino, singkat dan mudah dipahami

Bagi sebagain orang,, mendengar kata el nino itu sudah menjadi sesuatu yang biasa. Sudah berulang ulang kali mendengar kata el nino. Namun bagi sebagian orang lainnya, kata el nino mungkin masih terlalu asing. Bahkan sama sekali belum pernah mendengar kata itu sebelumnya.

Saya akan mencoba memberi gambaran singkat tentang el nino agar kalian mudah untuk memahaminya.

Oke gaess.. Jadi kata EL NINO berasal dari bahasa spanyol yang artinya pintar, anak laki-laki. El nino merupakan suatu peristiwa memanasnya suhu permukaan air laut Samudra Pasifiik (diatas rata-rata), terutama bagian tengah dan timur. Fenomena ini merupakan suatu perubahan iklim secara global.

Sekian dulu ya gaes,, semoga menambah wawasan kalian.
 Salam Cerdas Indonesiaku.

22 Jan 2019

Peluang Usaha Dan Analisis SWOT

A. Peluang Usaha
Peluang Usaha adalah besarnya potensi usaha yang tersedia, dan berapa lama usaha tersebut dapat bertahan.
* Persiapan analisis peluang usaha

  • Meneliti berapa luas isaha yang akan dipilih.
  • Bentuk usaha apa yang akan dipilih.
  • Jenis usaha apa yang akan ditekuni.


  • Informasi usaha yang akan diterima.
  • Ada atau tidaknya peta usaha yang menguntungkan.     
B. Analisis SWOT
      SWOT merupakan kependekan dari strenght (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan trheat (ancaman). Analisis SWOT adalah suatu kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaaan.
           Analisis internal lebih menitikberatkan pada kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness). Sedangkan analisis eksternal diperlukan untuk menggali dan mengidentifikasi semua gejala peluang yang ada dan yang akan datang,  serta ancaman (trheat) dari kemungkinan adanya pesaing/calon pesaing. 
            Tujuan dari diadakannya analisis SWOT adalah untuk mengarahkan analisis strategi dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. 
          

Jalan Masuknya Hindu Buddha di Indonesia

Agama Hindu dan Buddha pertama kali memasuki Indonesia dengan menggunakan dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur laut.
1. Jalur darat
      Jalur ini disebut juga jalur sutra. Karena para pedangang Hindu dan Buddha mayoritas membawa kain sutra sebagai barang dagangannya. Jalur ini juga ada dua, yaitu
             * India -> Tibet (Cina) -> Korea, Jepang .
                  *India -> Bangladesh -> Myanmar -> Thailand -> Semenanjung Malaya -> Indonesia, Vietnam, Kamboja.
 2. Jalur laut
       Jalur ini melalui India -> Myanmar -> Thailand -> Semenanjung Malaya.

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus

*Sebab Khusus PD I (sebab utama)
         Terjadinya insiden Sarajevo yang.       mengakibatkan terbunuhnya putra mahkota Austria yaitu Franz Ferdinand, beserta istrinya di Sarajevo yang merupakan Ibu Kota Bosnia. Mereka terbunuh oleh anggota Serbia Raya Gavrilo Princip pada tanggal 28 Juni 1914.
              Setelah kejadian itu, Autria mengeluarkan ultimatum kepada Serbia agar menyerahkan pembunuhnya dalam waktu dekat. Tetapi usaha itu diabaikan oleh Serbia. Lalu Austria mengumumkan perang kepada Serbia pada tanggal 28 Juli 1914. Tanggal 1 Agustusnya, Jerman menyatakan perang terhadap Rusia, tanggal 4 Agustus terhadap Prancis dan Inggris. Kemudian perang itu meluas ke seluruh Eropa. 
*Sebab Umum PD I
   1. Pertentangan antarnegara di Eropa
   2. Politik mencari kawan (politik aliansi)
   3. Perlombaan senjata
        Melibatkan:
        -> Blok sentral/blok Jerman: Jerman,     Austria, Turki, dan Bulgaria.
           -> Blok Prancis ada 23 negara, diantaranya Prancis, Inggria, Rusia, Serbia, Belgia, dan Rumania. 
 
       

21 Jan 2019

Kata-kata Motivasi Bijak Penyemangat Kehidupan

    Jika kalian ingin mencoba memulai sesuatu, tapi takut gagal. Coba kalian cari tempat yang tenang, kalian duduk, terus pelan-pelan kalian renungin sebuah batu dengan air.
     Batu besar yang terlihat kekar, kokoh, licin seperti tak belubang satu titik pun. Lalu ada hujan turun. Meski hanya gerimis kecil, tapi jika terus menerus seperti itu,,,, apalagi terkadang hujan turun tiba-tiba, dengan amat derasnya,,, dan diiringi oleh saudaranya (guntur, petir, angin,). Meski hujan berhenti, tapi nantinya akan diturun lagi dalam waktu dekat. Apakah kalian masih yakin,, bahwa batu itu akan tetap kokoh? Akan tetap seperti itu selamanya?
      Jika hanya 1 atau 2 tahun saja mungkin jawabannya adalah iya. Tapi jika kalian pikir lagi,,,, apakah kekuatannya semakin lama akan tetap? Atau malah bertambah? Tentu saja tidak. Seberapa kuat pun batu, bahkan batu paling besar sekalipun. Pasti lama kelamaan akan rapuh juga. Dan batu yang sudah mulai rapuh itu apakah bisa kembali seperti semula?? Tentu saja tidak.
         Jika batu yang sudah mulai rapuh masih terkena air, ditambah dengan penyinaran matahari yang terik, batu itu akan semakin rapuh.  Kita bisa mengambil dua pelajaran dari sini.
         Pertama, kita harus yakin, kita harus percaya, bahwa Tuhan telah mengaruniakan sesuatu yang besar pada diri kita. Kita tidak boleh menyia-nyiakan itu. Sekalipun usaha kita gagal, itu bukan berarti kalian tidak mampu. Kalian harus loncat lebih keras dan lebih tinggi lagi. Mungkin mampu untuk bangkit itulah salah satu kelebihan kalian yang Tuhan berikan sebelum kalian menemukan kelebihan kalian yang lain.
          Kedua, saat sudah mampu menjadi seseorang yang kokoh, kita harus tetap berusaha agar jangan sampai kita rampuh. Agar apa yang telah kita perjuangkan sampai berhasil itu tidak hanya sesaat keberhasilannya.
    Oke sampe sini dulu ya gaes,,,, tunggu post selanjutnya.

Patah Hati

      Cinta memang sering kali membuat orang lupa segalanya. Alih alih pas diputusin jadinya malah patah hati yang mendalam banget tuh. Ada yang stres, depresi, bahkan gila. Ada juga yang sampe gantung diri, terus juga dendam, bahkan terkadang sampe ada yang nekad membunuh dan main dukun karena saking kesalnya.😮😮 Apalagi kalo diputusin pas lagi sayang-sayangnya. Aarrghhh.... Udah gitu,, dianya ngga ngasih alesan yang jelas pula. jadi banyak pikiran negatif gentayangan deh di otak.
      Adudududuuuhhhh... Nih saya ingetin lagi ya,,, kalian boleh aja sayang sama orang lain, cinta sama orang lain. Tapi inget, sesayang-sayangnya dan secinta-cintanya kalian, kalian harus tetep inget sama orang disekeliling kalian juga. Yang menyayangi kalian dari kecil, yang selalu ada untuk menampung curhatan-curhatan kalian meskipun konyol. Jangan kalian menganggap kalo dunia kalian ya cuma sama orang itu, hidup mati kalian cuma sama orang itu.
       Hellooo bangun woy, bangunnn udah siang woy😋... Disaat kalian disakiti, disaat kalian dikhianati, disaat hati kalian merasa hancur remuk dan hancur berkeping-keping,, jangan pernah kalian merasa sudah tidak berguna lagi. Masih banyak orang-orang membutuhkan kalian gaes. Kalian bisa sandarin diri kalian terutama kepada Tuhan YME. Terus ke keluarga, ke temen deket. Kalian bisa curhat. Kalian bisa ungkapin semua isi hati kalian sampe kalian ngerasa lega ya gaes. Atau mau curhat diblog saya juga boleh banget kok.
       Sedih wajar, galau juga wajar. Tapi jangan sampe berlarut-larut dicampur aduk dengan semua kegiatan kalian.
       Patah hati adalah salah satu guru terbaik untuk mental kalian. Akan ada ribuan bahkan jutaan masalah lagi yang menanti kalian. Karna itu,,,, kalian butuh mental yang mateng dan bener-bener kebal. Dan itu juga berguna banget buat bekal kalian dalam meraih sukses ya gaes.

      

Anak Sekolahan

         Berbicara tentang sekolah,, pastinya Ngga lepas tuh sama yang namanya nakal, males-malesan, dan segala kekonyolannya. Nah,, siapa nih yang suka kaya gitu pas lagi sekolah? Ayo ngakuu,,,😂
            Saya juga mungkin termasuk dari mereka yang suka seperti itu. Cuman bedanya, kalo saya masih punya prinsip untuk ngejar materi dan masih bisa maksain diri buat belajar pas lagi males-malesnya. Tapi kalo lagi muaalesssnya tingkat dewa,,, berubah lah jadi anak yang ngga menghiraukan omongan guru. Wkwkkk.... Guru lagi nerangin pun malah asik main hp, atau ngobrol sama temen. Bahkan ngga jarang juga sambil ngerumpiin gurunya kalo gurunya itu guru killer😆😆😆 (hampura pak, bu)))))
             Bahkan akhir-akhir ini, saya sering banget berlaku layaknya anak nakal yang sekolah cuman buat minta uang saku😅
Eeiittsss... Tapi jangan salah, bagi saya tetep wajib ada ilmu yang nyangkut meskipun cuman sedikit. Biar ngga nakal-nakal amat gituuu😋 Dan diem-diem suka nyuri ilmu juga ditengah candaan yang super konyol sekalipun. Dan gaes,, yang namanya ilmu itu bukan cuman apa yang ada di buku sekolah aja. Atau apa yang diajarin guru aja. Bagi kalian suka belajar bahasa, kosa kata pun sudah menjadi ilmu yang berarti kan yaa...
              Dan,,,, jangan diraguin juga kalo pas lagi rajin-rajinnya. Disaat jamnya bercanda pun saya masih tetep makan ilmu. Kaya kucing makan daging, kan dinikmatin banget tuh.Hehehehee berubah kok jadi kucing yaa??🤦 Bahkan disaat pergi kemana pun sambil tengok-tengok, karna biasanya banyak juga kan banner yang didalamnya ilmu yang bermanfaat juga. Entah itu bermanfaat untuk keseharian, dunia perdagangan, ataupun yang lainnya.
                Yaa itulah sekilas tentang saya. Oke gaes jadi intinya,,, dimana pun kalian berada, apapun yang kalian lakuin, usahakan untuk selalu menemukan pelajaran dari setiap tindakan atau momen itu.