Cara Belajar Mudah dan Efektif





Banyak yang bertanya-tanya, gimana sih caranya supaya kita mudah menyerap pelajaran? Bahkan ada yang sampai nggak suka sama pelajaran. Duh, duh, duh,,, yang niat dong sekolahnya. Kasian orang tua kalian yang susah payah cari uang buat nyekolahin kalian.

Percaya deh, nggak ada usaha yang sia-sia. Selagi tekad kita kuat, kita udah niati dan tekuni usaha kita buat berjuang demi masa depan, demi nyenengin orang tua, pasti pada akhirnya akan berbuah manis kok, oke👌. Merasa gagal dalam berjuang? Terus lawan rasa frustasi kalian, kuatkan tekad kalian. Insya Allah kalian bisa menjadi seperti yang kalian harapkan.

Jangan terus terpacu pada ego kita yang mengatakan kita tidak bisa. Karena itu hanya akan membuat kita menjadi pemalas selamanya. Dan hidup kita ya,,, segitu-segitu aja. Nggak ada perubahan.

Aku punya sedikit tips jitu untuk membantu kalian memahami pelajaran. Yuk simak 👇

1. Niat. Karna apapun aktivitasya, kalo kalian niat pasti akan menikmati prosesnya.

2. Buat rangkuman simpel tapi bisa      mewakili keseluruhan konsep materi

3.  Perhatikan dengam saksama apa yang diucapkan guru, catat poin-poin penting dalam catatan kecil yang mudah ditemukan dan mudah dicari jika ingin mengulang kembali. Misalnya di dihalaman paling belakang. Atau bisa juga diselipkan dalam rangkuman yang topiknya berkaitan.

4.  Baca dan pahami kalimat demi kalimat
Ingat! hafal itu belum tentu paham, tapi paham sudah pasti hafal jika sering diulang. Bagaimana cara mengulangnya? Bacalah sambil memahami kalimat demi kalimat. Lalu tulis ulang dikertas lain tanpa mencontek tulisan. Terus tulis sampai kalian merasa yakin.

Oke gaes, aku rasa cukup sampai disini dulu. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus