Yakin Udah Tahu Banyak Soal Brand? Baca Dulu Yuk

Langkah Branding

      Seperti yang kita ketahui bersama, brand merupakan suatu identitas atau ciri dari bisnis. Brand menjadi hal yang wajib jika ingin bisnis kita dikenal lebih banyak orang. 

       Apa yang ada dipikiran kamu jika bicara mengenai brand? Saya yakin sebagian besar pasti menjawab nama toko atau usaha. Nama memang menjadi hal yang paling pokok dan harus ada. Tapi sebenarnya tidak sesimpel itu ya. Ada beberapa hal dasar dalam melakukan branding.

       Sebelum membahas hal-hal dasar tersebut, saya akan membahas manfaatnya terlebih dahulu. Seperti saat kamu ingin membeli buah misalnya. Kamu mungkin memang suka buahnya. Tapi coba jika kamu tahu manfaatnya, pasti kamu akan lebih antusias untuk membelinya. Tidak hanya itu, kamu jadi berpikir cara agar bisa terus menikmati manfaatnya dan mengembangkan menjadi produk lain. Itu bisa saja kan?

       Sama seperti saat ingin mempelajari brand. Jika kamu tahu manfaatnya dan semangat kamu makin terpacu, kamu tidak akan mudah bosan. Oke langsung saja disimak yuk :

1. Bisnis yang kamu jalani terlihat lebih professional

       Brand membuat usaha yang kamu jalani menjadi terlihat professional dimata masyarakat. Ketika masyarakat sudah mengakuinya. Peluang kamu semakin besar untuk mendapatkan tempat dihati masyarakat. Professionalisme menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk masyarakat atau calon pelanggan.


2. Lebih mudah mendapat kepercayaan dari pelanggan

       Kepercayaan pelanggan menjadi PR terbesar bagi pengusaha. Kepercayaan adalah hal yang cukup sulit dicari untuk pengusaha pemula yang belum banyak relasinya. Untuk mendapat kepercayaan dilingkungan sendiri mungkin tidak terlalu sulit. Namun untuk memperluas target pasar kamu, perlu usaha ekstra untuk untuk dapat menguasai pasar. Dan branding menjadi salah satu langkah awalnya, karena ia akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan secara perlahan.


Baca juga : 5 Tantangan Pebisnis


3. Bisnis atau produk kamu lebih dilirik untuk meningkatkan gengsi

       Gengsi sudah bukan lagi hal yang luar biasa. Banyak orang dari berbagai kalangan dari mulai kalangan bawah hingga atas kini lebih mengedepankan gengsi. Biasanya mereka akan lebih percaya diri ketika memakai barang branded dibanding memakai barang tak bermerek, meskipun kualitasnya tidak jauh berbeda. Ini kenapa peluang usaha kamu untuk ramai pengunjung semakin terbuka lebar.


4. Bisnis atau produk kamu lebih mudah untuk berkembang

       Seperti yang sudah saya singgung diatas, untuk memperluas pasar kamu harus berjuang lebih ektra. Ini jelas, karena untuk menumbuhkan kepercayaan dilingkungan baru bisa diibaratkan kamu memulai usaha dari nol lagi. Pantang menyerah harus selalu diterapkan dalam kondisi apapun. Branding akan membantu kamu menaklukan pasar yang baru kamu bidik. Semakin luas pasar yang bisa kamu taklukan, semakin mudah kamu memasuki pasar baru tanpa harus berusaha ekstra seperti saat awal memulai. Kemudahan ini karena orang-orang yang sudah percaya dengan produk kamu akan menginformasikannya dari mulut ke mulut. Sehingga nama brand kamu semakin terkenal dan kamu semakin mudah memasuki pasar. 


5. Bisnis atau produk kamu lebih mudah dikenali dan dicari

       Saat branding yang kamu lakukan sudah terkenal dimana-mana. Pasti akan lebih banyak orang yang mencari. Dan disaat itu pula orang akan lebih mudah mengenali produk kamu meskipun itu produk yang baru kamu luncurkan. Tidak hanya itu, pelanggan akan mudah menemukan produk tersebut ketika mereka membutuhkan. Hal ini sangat mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Sudah tahu kan kalau pelanggan puas, dampaknya ke kamu apa? Ya sudah pasti penjualan kamu akan meningkat. Yuk, kita bahas di point selanjutnya.


6.  Lebih mudah untuk meningkatkan profit 

       Branding yang terus diasah dan ditingkatkan, serta dipertahankan kualitasnya, akan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan terus membantu pertumbuhan bisnis kamu, penjualan pun akan semakin meningkat. Kalau penjualan meningkat, sudah pasti profit atau keuntungan yang kamu dapatkan juga akan meningkat.


7. Ada kebanggan dan rasa puas tersendiri jika kita berhasil

       Akan ada waktunya dimana usaha yang kamu jalani membuahkan hasil yang luar biasa, dimana kamu dapat disebut sebagai orang sukses. Disaat inilah kamu akan merasa bangga pada dirimu sendiri. Bangga pada dirimu sendiri berbeda dengan membanggakan diri yaa. Sikap membanggakan diri sebaiknya dihindari, karena ini sama saja dengan sombong. Selain bangga, kamu akan merasakan kepuasan yang tidak bisa dirasakan orang lain yang tidak membangun usahanya sendiri. 

       Rasa bangga dan puas ini karena kamu berhasil menaklukan segala rintangan sampai kamu bisa sukses. Dulu saat memulai, mungkin ada sedikit rasa takut. Namun akhirnya kamu bisa dan kamu berhasil. Itu tandanya kamu orang hebat! Terus gali kemampuan dan jangan berhenti berkarya.


Itu beberapa manfaat brand menurut saya. Bahkan saya sendiri lebih kagum pada mereka yang merintis usahanya sendiri, dibanding orang-orang yang hanya mengandalkan gaji besar dari bos.


Sebelum menentukan brand, coba renungkan kembali ide brand kamu. Jangan terburu-buru membuat brand jika idenya masih mudah berubah. Coba pikirkan konsepnya, kamu membuat brand dengan nuansa yang seperti apa? Setelah menemukan konsep yang sesuai dengan kamu dan target pasar kamu, sekarang tentukan hal-hal dasar brand berikut :

a. Nama

       Hal terpenting dalam penentuan nama adalah,,, tidak usah terobsesi pada nama-nama yang rumit. Nama brand memang harus unik, tapi bukan berarti rumit ya. Dari pada membuat nama yang susah dan membuat orang sulit menghafalnya, lebih baik buatlah nama yang simpel sehingga mudah diingat oleh pelanggan kamu. Sesuaikan dengan mulut orang Indonesia jika target kamu berada di Indonesia.


b. Slogan

       Ciptakan slogan yang singkat, padat, dan jelas, serta mewakili secara keseluruhan.


c. Warna

       Sebaiknya jangan menggunakan warna yang mencolok yang cepat membuat mata pedih. Warna ini akan membuat pelanggan tidak betah untuk berkunjung terlalu lama. Gunakanlah warna nyaman maupun sejuk saat dipandang.


d. Logo

       Untuk pembuatan logo kamu bisa mencari referensi di google. Ada banyak jenis logo seperti wordmark, emblem, letter mark, dan lain-lain. Sesuaikan saja dengan karakteristik yang ingin kamu bangun.


Baca juga : Ilmu Marketing Online Shop


Baik nama, slogan, warna, ataupun logo harus menunjukkan karakteristik usaha yang akan kamu bangun. Buat pengunjung nyaman dan mudah mengingat brand kamu ya.

Setelah hal-hal dasar tadi ditentukan. Langkah selanjutnya dalam melakukan branding adalah maksimalkan strategi marketing seperti pemberian promo, membuat iklan, dan lainnya.

Demikian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂🙂🙂

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus