Asah Skill Menjual Kamu | Jadilah Penjual Professional

        Bagian sebagian orang, menjual menjadi ketakutan tersendiri. Memang sih, untuk menjadi penjual perlu mental yang kuat. Karena keseharian kamu akan bertemu orang-orang baru dan orang-orang dengan karakteristik berbeda. Ada yang lemah lembut, ada yang tegas, ada yang maunya serba cepet, ada yang hobi marah-marah, dll. Kesabaran kamu benar-benar di uji. Apapun yang terjadi, kamu harus sadar bahwa itu adalah resiko menjadi seorang penjual. 

       Jangan berkecil hati, jangan kamu mengira kamu tidak mempunyai bakat menjual. Jangan kamu jadikan apapun sebagai alasan untuk mundur. Semuanya bisa diasah, semuanya bisa dilatih, semuanya bisa ditingkatkan. Apapun itu, kamu tidak akan pernah tahu dimana keahlianmu jika kamu tidak mencoba. Skill itu diasah. Bakat itu perlu digali dan ditekuni. Jika kamu selalu menyerah pada hal apapun, kamu tidak akan pernah menjadi seorang professional. 

        Yuk ikuti tips cara menjadi penjual professional, berikut ini : 

1. Interaksi efektif dengan pelanggan

       Kemudahan komunikasi dengan pelanggan ikut memengaruhi kenyamanan pelanggan. Interaksi dapat dilakukan via chat, email, atau pun media lainnya sesuai kebutuhan dan kenyamanan pelanggan.


2. Beradaptasi dengan baik

       Sebagai seorang penjual, kamu pasti akan selalu menemukan situasi yang berbeda. Kemampuan kamu dalam beradaptasi sangat diuji disini. Kamu harus beradaptasi dengan pelanggan baru dengan karakteristik yang mungkin berbeda dari biasanya. Kamu juga harus tahu, orang dari provinsi yang berbeda, bisa saja mempunyai sifat yang sangat berbeda dan pemahaman yang berbeda. Serta bahasa yang mungkin baik menurut mereka baik, tapi kasar menurut bahasa kita. Kamu harus bisa memahami mereka. Jangan asal menilai ya.


3. Selalu bersikap jujur

       Orang yang jujur, dimana pun akan disenangi orang lain. Pedagang yang jujur juga pasti akan banyak pelanggannya. Salah satu kunci agar usaha menjadi besar adalah kepercayaan pelanggan. Nah untuk mendapatkan kepercayaan itu, kejujuran adalah kuncinya. Jika pelanggan sudah percaya, mereka akan balik lagi untuk berbelanja. Mereka tidak akan ragu lagi. Justru mereka akan memengaruhi orang lain untuk berbelanja ditempat kamu. 


4. Ramah dalam menghadapi pelanggan

       Pelanggan akan merasa nyaman jika penjualnya bersikap ramah dan sopan. Sikap ramah ini juga akan menarik loyalitas pelanggan. Apapun sikap pelanggan kamu, kamu tetap harus bertutur kata yang baik dan menunjukkan professionalitas.


5. Tulus membantu pelanggan

       Selain ramah, kamu juga harus tulus dalam melayani pelanggan. Meskipun mereka hanya sekedar bertanya tanpa membeli barang, kamu harus melayani dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai mereka merasa kapok datang ke tempat kamu. Peluang kamu untuk mendapat pelanggan akan berkurang jika seperti itu. Karena bisa saja orang yang kamu layani dengan kurang baik akan mengadu pada orang lain. Atau orang disekitar pembicaraan kamu dengan pelanggan tadi mendengar dan menjadi enggan untuk datang ke toko kamu. Jadi perlakukan orang yang datang dengan baik walaupun hanya sekedar bertanya-tanya perihal barang saja, atau hanya ingin berkonsultasi. Bantu mereka memecahkan masalahnya dalam hal berbelanja, dan pahami apa yang menjadi kebutuhannya.

Baca juga : Mental Seorang Pebisnis

6. Kompetitif

       Penjual memang sudah seharusnya kreatif dan kompetitif baik dalam penyajian pelayanan, maupun dalam penyediaan produk. Ingat! pesaing kamu itu banyak sekali. Kamu harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan jika tidak ingin pelanggan kamu kabur.


Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah menyimak. 🙂🙂🙂

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus