5 Tantangan Pebisnis | Kamu Harus Tahu

       Sebelum kamu memutuskan untuk menekuni dunia perniagaan, ada baiknya kamu mencari tahu dan mempelajari tantangan apa saja yang akan menghadang seorang pebisnis. Dan disini, saya akan mengulas beberapa tantangan yang harus kamu persiapkan cara menghadapinya.


      Menjadi seorang entrepreneur memang sangat bagus untuk masa depan dan ada wibawa tersendiri yang melekat. Kalau melihat orang-orang hebat diluaran sana atau bahkan disekitar kamu, apa yang terlintas dalam benakmu? Saya yakin sebagian besar orang pasti akan berpikir, "hidupnya senang, makmur, banyak uang, ingin beli apapun pasti bisa!" Setuju? Memang saat sudah sukses, semuanya terasa menyenangkan. Tapi apakah kamu pernah berpikir, bagaimana perjuangan mereka untuk bisa sampai dititik tersebut? Mereka yang telah sukses pasti memiliki berbagai kisah peliknya masing-masing. Dan sebagian besar berasal dari keluarga kurang mampu. Bisa dibayangkan. Orang yang dulunya tidak mampu, bahkan selalu dihina,,, pasti memiliki perjalanan hidup yang begitu sulit, perjuangan yang yang tidak semua orang bisa lakukan. Mereka telah berjuang mati-matian sebelum akhirnya berhasil. 


      Berikut tantangan menjadi seorang pebisnis yang harus kamu tahu :

1. Menyita waktu bermainnya untuk fokus

      Bagi orang dewasa yang sudah berkeluarga, mereka sudah terbiasa menghabiskan waktu untuk keluarga, dan itu memang sudah tugas mereka. Tapi kaum muda, bermain bersama teman menikmati masa muda sudah seperti hal yang wajib. Namun berbeda dengan anak muda yang mental pebisnis. Mereka Lebih suka menghabiskan waktunya untuk fokus pada tujuan dan impian bisnisnya. Sekalipun ada keinginan untuk bersenang-bersenang dengan teman, mereka akan berpikir ulang. Kalaupun pergi, hanya sesekali saja. Dan disaat usahanya sudah mulai berkembang, mereka akan semakin fokus dan semakin tidak punya waktu untuk bermain. Mereka rela melakukan itu karena itu memang jiwa mereka. Untuk kamu kaum muda, saya ingin berbagi motivasi yang masih belum banyak orang yang tahu. Saya juga masih muda seperti kamu, ingat perkataan saya. "Lakukan hal yang tidak dilakukan orang lain hari ini, esok kamu akan mendapatkan hal yang tidak didapatkan oleh orang lain". Kata-kata ini sebenarnya saya ambil dari salah satu artikel dulu, saya lupa sumbernya karena sudah lama sekali. Motivasi ini menjadi pedoman saya hingga sekarang. 


2. Berani memutuskan

     Jalan yang kita lalui, tidak selamanya akan lurus tanpa hambatan. Pasti akan ada saja batu kerikil didepan sana. Saat kamu menemui hambatan itu, berpikirlah dengan kreativitasmu. Hambatan itu tidak seharusnya menjadi alasan kamu untuk mundur, tapi kamu harus mampu berpikir serta mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Apapun yang akan terjadi nanti, jadikan itu sebagai pembelajaran agar kamu bisa lebih maju.


3. Tidak disenangi orang (pesaing)

     Kita tidak akan mampu membuat semua orang menyukai kita. Walaupun kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membuat ulah, orang yang tidak menyukaimu akan selalu memiliki alasan untuk tidak suka. Biarkan saja! Itu hak mereka. Dilingkungan sekitar saja pasti ada saja orang yang tidak suka, apalagi dilingkungan bisnis yang jangkauannya lebih luas. Saat usaha yang kamu jalani sedang ramai, pasti akan ada pesaing yang merasa iri. Jangan hiraukan mereka, lanjutkan langkahmu selagi tidak mengusik mereka.


4. Merasa Jenuh

     Setiap orang pasti pernah merasa jenuh. Permasalahan yang me ghadang mereka bukan hanya sekedar masalah bisnis saja, tetapi juga masalah pribadi. Adakalanya kamu akan merasa jenuh melakukan sesuatu, anggap saja rasa jenuh itu salah satu batu loncatan kamu untuk mencapai tujuan. Itu rintangan yang harus taklukan, jangan menyerah karena perasaan. Bayangkan betapa senangnya kamu saat berhasil mencapai mimpi dengan jerih payah sendiri. Tentu ada kebanggan tersendiri didalam hati kamu, dibanding kamu hanya menunggu uluran tangan orang lain.


5. Waktu berkumpul dengan keluarga berkurang

     Baik masih sudah menikah atau belum, saat sedang berjuang kamu harus berkorban banyak. Rela berkorban uang, pikiran, waktu, dan lainnya. Seperti saat sekolah, kamu harus jauh dari keluarga berjam-jam bahkan berminggu-minggu untuk menuntut ilmu. Dalam merintis usaha pun begitu, tapi nanti kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang tidak didapatkan orang yang tidak mau melangkah. Esok kamu akan memiliki banyak waktu luang dan hidup makmur saat usahamu sudah bersistem. Inilah saatnya kamu memetik hasil dari jerih payah kamu selama ini.


Nahh, itu dia beberapa tantangan pebisnis yang bisa saya ulas. Semoga bermanfaat. Terus semangat, terus melangkah, jangan takut! Yakinkan dalam diri bahwa kamu orang hebat. Nantikan update terbaru seputar bisnis dan marketing disini! Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus