Macam-macam Transmigrasi dan Penjelasannya

Transmigrasi

      Transmigrasi atau perpindahan penduduk dari suatu pulau atau provinsi ke suatu pulau atau provinsi lain. Transmigrasi ada beberapa jenis, yaitu:

  1. Transmigrasi umum, yaitu transmigrasi yang semua biayanya ditanggung oleh pemerintah. Baik biaya perjalanan maupin biaya hidup selama satu tahun didaerah transmigrasi. Tiap keluarga mendapat alat pertanian, rumah, bibit, dan tanah seluas dua hektar.
  2. Transmigrasi swakarsa, yaitu transmigrasi yang pembiayaannya sebagian ditanggung sendiri dan sebagian ditanggung  pemerintah. Pemerintah memberi tanah dua hektar dan membiayai perjalanan.
  3. Transmigrasi spontan, transmigrasi yang seluruh biaya ditanggung oleh transmigran sendiri.
  4. Transmigrasi bedol desa, yaitu transmigrasi yang dilakukan seluruh penduduk desa beserta pejabat pemerintah desa. Transmigrasi bedol desa dilakukan karena bencana alam, atau daerahnya dijadikan proyek pembangunan. Contoh: penduduk Wonogiri dipindahkan ke Sitiung (Sumatra Barat), karena daerahnya dijadikan lokasi PLTA Gajah Mungkur.
  5. Transmigrasi khusus, yaitu transmigrasi yang diselenggarakan oleh Kementrian Transmigrasi bersama instansi pemerintah atau organisasi masyarakat, misalnya KNPI, Pramuka, dan Karang Taruna. Penyelenggaraanya sama dengan transmigrasi umum. Contoh: transmigrasi pemuda ke Labuhanbatu, Sumatra Utara.
  6. Transmigrasi bekas pejuang, yaitu yransmigrasi yang dilaksanakan oleh bekas pejuang. Yang ditransmigrasikan adalah mantan anggota TNI/POLRI yang sudah pensiun.

Oke gaes,,, cukup sampai disini dulu pembahasan kita mengenai Macam-macam Transmigrasi. Jika ada yang kurang jelas, atau mungkin ingin memberikan masukan, atau ingin bertanya, silakan tulis dikolom komentar.

_Salam Cerdas Indonesiaku
_Macam-macam Transmigrasi

Comments

  1. Artukel bagus. Makasih udah mampir di blog aku yang baru satu artikel.

    ReplyDelete
  2. Artukel bagus. Makasih udah mampir di blog aku yang baru satu artikel.

    ReplyDelete
  3. Thank you udah ngunjungin blog saya. Konten ya bagus dan bisa nambah pengetahuan saya

    ReplyDelete
  4. Mengingatkan masa-masa SD dulu waktu belajar soal ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Tanaman Sorgum Sebagai Pakan Ternak dan Pengganti Beras