Penjelasan Lengkap Tentang APBN



   APBN adalah suatu kebijakan pemerintah pusat untuk menyejahterakan rakyat dan mengelola perekonomian negara.
   Didalam Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015 tentang APBN, APBN adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan negara yang disetujui oleh DPR.
   Menurut John F. Kennedy, anggaran dapat dan harus menjadi instrumen kemakmuran dan stabilisasi, bukan menjadi penghalang pemulihan.

* Fungsi APBN

a. Fungsi alokasi. Pendapatan paling besar bagi pemerintah berasal dari pasar.
b. Fungsi distribusi. APBN tidak selalu didistribusikan untuk kepentingan umum, melainkan dapat juga dalam bentuk dana subsidi dan dana pensiun (transfer payment). Transfer payment dapat membatalkan pembiayaan ke salah satu sektor, kemudian dipindahkan ke sektor yang lain.
c. Fungsi stabilisasi. Sebagai pedoman agar pendapatan dan pengeluaran keuangan negara teratur sesuai dengan yang ditetapkan.

* Tujuan Penyusunan ABPN

 Tujuan penyusunan dari APBN adalah sebagai pedoman pendapatan dan pembelanjaan negara dalam melaksanakan tugas kenegaraan untuk meningkatkan produksi dan kesempatan kerja, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran masyarakat.

* Sumber Penerimaan Negara

Penerimaan dan pendapatan negara adalah hak pemerintah pusat yang diakui sebagai penambah kekayaan bersih. Berikut sumber-sumber penerimaan negara:
a. Penerimaan perpajakan

  1. pendapatan pajak dalam negeri
  2. pendapatan pajak perdagangan  internasional.
b. Penerimaan negara bukan pajak
     Seperti: sumber daya alam, laba, BUMN,       dll.
c. Penerimaan hibah
    Seperti: devisa yang dirupiahkan, rupiah, barang, jasa, dan surat berharga.

* Jenis-jenis Belanja Negara

Pengeluaran atau belanja negara adalah kewajiban pemerintah pusat yang diakui sebagai pengurang nilai-nilai kekayaan bersih yang terdiri atas belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah.

1) Berdasarkan organisasinya, belanja pemerintah pusat mencakup belanja pemerintah pusat yang dialokasikan kepada kementrian negara atau lembaga dan pada bagian anggaran bendahara umum negara yang dikelola oleh menteri keuangan selaku pengelola fiskal.
2) Berdasarkan fungsinya, untuk menjalankan fungsi pelayanan umum. 
3) Berdasarkan jenisnya, contohnya biaya belanja pegawai, belanja barang, dll.




Comments


  1. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkena

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinyalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang di era sekarang namanya kepalsuan itu sudah sangat sulit untuk dikendalikan. Thx info ka..

      Terimakasih sudah berkunjung

      Delete

  2. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus