5 Kesalahan Pebisnis Pemula

 Serapi apapun kita menyiapkan sesuatu, seringkali ada saja hal-hal yang masih terlewat. Seyakin apapun kita, berbagai masalah masih mempunyai peluang untuk muncul. Hal tersebut tanpa disadari membawa masalah baik itu masalah kecil ataupun besar. Tidak ada ilmu pasti dalam berbisnis. Maka evaluasi harus selalu dilakukan secara berkala. 


Berikut Kesalahan Pengusaha Pemula yang patut dievaluasi lebih mendalam : 


1. Motivasi yang salah

     Seperti yang guru kita ajarkan sejak SD, bahwa segala sesuatu itu harus dimulai dengan niat. Dan hasilnya pun tergantung pada niat kita. 

     Begitu pula dengan hal berbisnis. Jika ingin mempunyai bisnis yang berkelanjutan, buatlah suatu rancangan yang baik dimulai dari hal yang palung dasar terlebih dahulu. Karena motivasi yang salah akan mudah membuat kamu putus asa saat terjadi masalah. Jadi lebih baik perbaiki alasan kamu untuk memulai usaha, misalnya untuk mengembangkan skill berbisnis kamu. 

      

2. Kurangnya modal

     Banyak orang yang kehabisan modal akibat kurangnya analisis kebutuhan operasional dan manajemen keuangan yang salah. Sebaiknya cek lagi modal yang kamu punya. Jangan sampai kamu kekurangan modal saat usaha sudah berjalan.


3. Manajemen buruk

     Baik manajemen keuangan, manajemen produksi, atau manajemen yang lainnya, harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Jika ada masalah pada salah satunya saja, yang lainnya akan ikut terganggu. Biasanya pengusaha pemula sudah sangat memperhitungkan semuanya, namun asal-asalan dalam memenej sumber daya manusianya. Akibatnya, rencana produksi yang sudah matang sejak awal menjadi terganggu. Jadi kamu tidak boleh meremehkan.


4. Meremehkan Kompetitor

     Selemah apapun kompetitor kamu,  tetap kamu tidak boleh meremehkan mereka. Bisa saja mereka lemah dalam produksi, tapi mereka memiliki relasi yang luas. Sehingga mereka tetap bisa bertahan. Bisa juga ada suatu rahasia keunggulan mereka yang kamu belum tahu. Kamu patut waspada dan terus meningkatkan kualitas produk yang kamu jual. 

5. Marketing yang asal-asalan

     Meski kelihatannya sepele, tapi marketing mempunyai banyak sekali point yang harus dipahami. Marketing sangat menentukan perkembangan suatu bisnis. Meskipun produknya kurang berkualitas atau kurang bermanfaat,  jika kamu pandai dalam segi marketing maka kemungkinan besar produk kamu akan laku. 



Demikian pembahasan 5 kesalahan pengusaha pemula. Jangan pernah meremehkan hal sekecil apapun, kamu harus selalu ingat bahwa sesuatu yang besar pasti berawal dari hal kecil. Semoga dapat bermanfaat dan memacu semangat kamu untuk terus melakukan perbaikan. Terimakasih

Comments

  1. Poin 2 dan point 3 itu memang benar. Salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga ka 🙂.
      Minta saran dong buat blog atau artikel saya 🙏

      Delete
    2. Baiklah kwn, saran untuk blog sebaiknya pake template sugeng (linkmagz). Untuk artikelnya sudah bagus dibaca karena langsung dimengerti. Gaya bahasanya enak, btw ini tulisan sendiri apa disadur?

      Delete
    3. Alhamdulillah tulisan sendiri ka

      Delete
    4. Baguslah kalo begitu. Semoga tetap semangat ngeblog. Salam blogger.

      Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus