Cara Membersihkan Kerak Membandel dengan Bahan Rumahan

 Banyak sekali yang kebingungan untuk membersihkan kerak. Emang sihh sekarang jamanya serba ada. Tapi kalo bisa lebih hemat dan hasil memuaskan, kenapa harus pilih yang mahal? Tanpa kita sadari, kita sering menyepelekan sesuatu dan berpikiran bahwa sesuatu itu tidak dapat digunakan untuk hal lain. Padahal kenyataanya, banyak manfaat tersembunyi yang banyak orang tidak tahu. Salah satunya manfaat bahan-rumahan untuk membersihkan kerak. 


Disini ada 4 cara membersihkan kerak kerak membandel menggunakan bahan rumahan. Apa saja yang caranya? Yuk, simak.



1. Sitrun


Saat melihat lantai kamar mandi Anda kotor dan banyak noda membandel, apa yang anda pikirkan? Apakah hanya disiram dengan air dan disikat sedikit agar tidak licin, atau menggunakan pembersih biasa yang hasilnya biasa saja?


Sekarang coba gunakan bahan yang satu ini, sitrun. Ya, sudah sangat familiar sekali kan namanya? Biasanya para ibu menggunakan sitrun sebagai pemutih pakaian. Mungkin banyak dari kita mengira bahwa manfaat sitrun ini hanya sebatas itu, tidak ada kegunaan lainnya. Tapi sebenarnya, sitrun bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel di lantai kita lhoo. 


Cara menggunakannya cukup mudah. Sikat permukaan lantai kamar mandi Anda, lalu basahi dengan air. Setelah lantai basah, taburkan sitrun dipermukaan yang kotor dan memiliki noda membandel. Kemudian diamkan lantai yang tersebut selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu sikat kembali dan bilas dengan air hingga bersih.



2. Cuka


Bahan pelengkap masakan yang satu ini juga ampuh untuk membersihkan kerak kamar mandi. Sifat kamar mandi yang lembab tentunya dapat mengundang jamur dan lumut tumbuh disekitarnya. Jika dibiarkan terus-menerus, jamur dan lumut yang melekat lantai dan dinding kamar mandi bisa menjadi noda yang sulit dibersihkan.


Anda bisa menggunakan cuka untuk membasmi masalah semua masalah itu. Caranya, semprotkan cuka putih pada lantai dan dinding kamar mandi lalu siram dengan air panas. Semprotkan lagi keseluruh keramik dan diamkan beberapa saat. Kemudian sikat keramik tersebut dan bilas hingga bersih.



3. Garam non iodium


Tekstur garam yang kasar dan kandungan mineralnya yang tinggi ini ternyata ampuh mengusir kerak dikamar mandi Anda. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa tambahkan cuka putih agar kamar mandi Anda lebih bersih.


Mau tahu caranya? Untuk cuka putih sendiri caranya sama seperti di atas, semprotkan ke lantai kamar mandi. Setelah seluruh keramik selesai disemprot, taburkan garam non iodium pada permukaan lalu gosok dengan kawat aluminium. Bilas keramik menggunakan air hangat.



5. Menghilangkan noda pada Cermin Kamar Mandi dengan Air Teh


Seringkali kamar mandi juga dilengkapi dengan cermin dan wastafel. Cermin dan wastafel juga menjadi tempat favorit untuk kerak yang susah dibersihkan. Apalagi jika ditempatkan dikamar mandi yang merupakan tempat lembab, bukan tidak mungkin cermin akan cepat kotor dan kusam.


Jangan khawatir, tidak perlu juga membeli pembersih yang harganya mahal. Kita bisa lhoo mengatasi masalah ini dengan bahan-bahan disekitar kita. Salah satunya adalah air teh.


Seduh ampas teh yang sudah tidak terpakai menggunakan air dan cuka. Untuk air dan teh sebanyak 200 ml, kamu bisa tambahkan 40 ml cuka kedalamnya. Setelah tercampur rata, saring dan ambil airnya. Nah, air inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk menyemprot cermin di kamar mandi. Untuk mengeringkannya, lap permukaan kaca menggunakan lap yang bersih.





Bagaimana tips and triknya? Semoga bisa membantu mengatasi problem yang satu ini, dan lebih hemat dikantong juga pastinya.

Oke, sekian artikel hari ini tentang cara membersihkan kerak membandel dengan bahan rumahan. 

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus