Mengelola Keuangan dimasa Pandemi dengan Cara Berbisnis.

       



Di era yang semaju ini, dan dengan kondisi pandemi yang tidak kunjung usai. Banyak orang yang montang-manting mencari penghasilan untuk bertahan hidup. Bagi mereka yang sudah berbisnis  lebih dulu, dan bisnisnya merupakan bisnis yang keberadaannya dibutuhkan banyak orang seperti makanan, kebutuhan pokok, dan lainnya, mungkin tidak terlalu tertekan. Namun bagi mereka yang terbiasa bekerja untuk mendapatkan uang, pandemi ini menjadi momok yang sangat menakutkan. Banyak karyawan di liburkan bahkan di PHK oleh perusahaan atau pabrik. Dan bagi mereka yang mempunyai usaha kecil dan menengah, juga pasti sangat merasakan dampaknya. Jaringan kerja yang belum seluas bisnis besar akan menyulitkan mereka bertahan ditengah pandemi akibat menurunnya permintaan. Pebisnis harus selalu mempunyai ide baru untuk memasarkan bisnisnya sesuai kondisi global. Inovasi dan kreatifitas juga merupakan komponen yang harus diperhatikan dalam berbisnis. 


Berikut ini tips mengatasi keuangan saat pandemi :

1. Jualan online

     Untuk yang sudah mempunyai usaha namun masih berjualan dengan cara offline. Dan pendapatan menurun akibat pandemi. Tidak ada salahnya mencoba pemasaran menggunakan sosial media, dengan kata lain "berjualan online".  Apalagi jika produk yang kalian jual merupakan produk yang ukurannya kecil atau standar dan juga memiliki bobot yang ringan. Akan lebih mudah untuk memasarkan dalam skala yang lebih luas. 


2. Jual kebutuhan pokok (primer)

     Masa pandemi mengaruhi pendapatan masyarakat, tentu membuat banyak orang berpikir ulang jika ingin membeli sesuatu. Mereka akan membuat prioritas untuk kebutuhan dengan memerhatikan keuangan. 


Barang kebutuhan pokok adalah yang selalu dibutuhkan setiap harinya. Baik dalam kondisi pandemi maupun kondisi normal. Jadi, peluang usaha kebutuhan pokok juga sangat besar.  Berdagang sembako misalnya. Kita bayangkan saja, jika biasanya banyak orang lebih memilih fastfood untuk dijadikan isi perut atau hanya sekedar cemilan, masa pandemi sebagian orang lebih memilih membuat makanan sendiri dengan bahan kebutuhan pokok orang Indonesia. Sehingga sembako akan lebih diburu dari biasanya.


3. Menggali skill

     Tips untuk kalian yang termasuk orang yang biasa bekerja dipabrik, kantor, toko, dan sebagainya (bekerja pada orang lain). Coba ingat-ingat lagi skill apa yang kalian punya, barangkali saja kalian punya kreatifitas dlm hal kerajinan atau mempunyai bakat berdagang. Bisa dicoba tuh, siapa tahu saja rejeki kalian mengalir deras dari situ. 


4. Memilih produk

     Perluas jaringan kalian dengan membuat lapak disosial media dan lainnya. Namun untuk mendapatkan pasar yang lebih jauh dan luas, kalian bisa coba tips memilih produk berikut ini 👇👇👇 :


> Kecil

    Produk yang kecil akan memudahkan kalian dalam pengemasan jika harus dikirim ke alamat yang jauh.


> Ringan

   Salah satu kendala pebisnis online dalam menjangkau pasar yang jauh adalah karena besarnya ongkos kirim. Ongkos kirim untuk produk yang besar ditentukan oleh bobot produk. Tak hanya itu, dimensi suatu paket juga akan menambah berat produk pada kalkulator. Dengan bobot produk yang ringan, biaya ongkos kirim dapat ditekan. Sehingga pelanggan tidak akan keberatan dalam ongkos tersebut. Kalian sebagai penjual, juga bisa menjual produk lebih luas lagi.


> Tahan lama

    Ini menjadi alesan mengapa ekspedisi pengiriman tidak bisa menerima paket makanan. Karena dikhawatirkan paket tersebut akan cepat membusuk sebelum sampai ditujuan. Meski tidak semua ekspedisi begitu, tapi biasanya memang aturannya seperti itu. Maka penting untuk memastikan produk yang kalian jual bisa bertahan dalam waktu yang lama. Ini bertujuan untuk menciptakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan.


> Cepat habis

    Sebagai penjual, tentu kalian ingin pelanggan cepat kembali untuk memesan produk. Namun ini berbeda dengan penjelasan diatas. 


Yang dimaksud tahan lama adalah, produk tersebut akan tetap seperti baru meski lama tidak terpakai, dengan kata lain "tidak cepat expired".  Sedangkan cepat habis maksudnya, produk tersebut akan cepat habis jika dipakai secara rutin. Apa tujuannya? Tujuannya ya pastinya supaya cepat terjadi repetition atau pengulangan dalam pemesanan. Sehingga semakin banyak produk yang terjual, penghasilan pun terus mengalir dalam waktu yang cepat.



Baiklah, itu tadi sekelumit tips and trick dalam berbisnis yang juga dapat menjadi langkah menjaga keuangan dimasa pandemi seperti sekarang ini. Semoga pembahasan cara Mengelola Keuangan dengan Cara Bernisnis dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semuanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya. 🙂🙂🙂

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus