Pengertian Kelangkaan dalam ekonomi dan Pemahamannya




 


Hai buat kalian yang masih sekolah dan mendapatkan pelajaran ekonomi, diawal awal pembelajaran kalian dikelas X pasti kalian akan bertemu dengan materi yang namanya kelangkaan. Apa sih kelangkaan itu? Biasanya banyak anak yang bingung dalam memahami kata kelangkaan. Meskipun sudah dijelaskan berulang-ulang oleh guru, tapi terkadang kita masih bingung. Sudah paham pun, dilain hari kadang kita jadi bingung lagi karena belum punya konsep yang pas.


Oke kali ini aku akan membahas seputar "kelangkaan" menggunakan bahasa dan cara aku untuk memahami 'apa sih kelangkaan itu?' Disimak baik-baik ya.


Pengertian kelangkaan sendiri adalah keadaan dimana alat pemuas kebutuhan tidak dapat memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas. Maaf kalo kata-katanya kurang pas, tapi intinya ya seperti itu. Nah, maksudnya apa sih? Sini aku jelasin.


Jadi maksudnya adalah kebutuhan kita yang dimiliki oleh sebagian atau khalayak umum, itu jumlahnya sangat tidak terbatas, sangat banyak. Tapi, alat untuk memenuhi kebutuhan itu jumlahnya sangat sedikit sehingga tidak mampu membuat semua kebutuhan terpenuhi. Misalnya saja pada batu bara. Batu bara mempunyai peranan yang sangat penting karena menjadi sumber produk gas, bahan bakar, dan sebagainya. Keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan. Namun apa yang terjadi jika jumlah batu bara yang ada di alam tidak mampu mencukupi kebutuhan masyarakat? Yang terjadi ya kelangkaan. Jadi kelangkaan itu bukan yang kita tidak punyai untuk memenuhi kebutuhan kita, tapi yang jumlahnya tidak mencukupi kebutuhan secara global. Bagaimana sampai disini? Sudah paham kan?


Aku tegasin sekali lagi y, kelangkaan itu langka yang sifatnya umum. Bukan ketidak adaan bagi suatu kelompok saja. Kata kuncinya adalah kebutuhan lebih besar dari alat pemuasnya (pemenuhannya).


Demikian penjelasan Pengertian Kelangkaaan dalam Ekonomi dan Pemahamannya dari aku, semoga kalian nggak lagi bingung untuk memahami lelangkaan ya. Jangan sungkan untuk belajar.

Comments

Popular posts from this blog

Beautiful scenery in Bali Indonesia

Isi dan Dampak Perundingan Linggarjati

Sejarah| Perang Dunia I | Sebab Umum dan Sebab Khusus